Menampilkan dan Menyembunyikan Tab

9:36 AM

Berikut adalah contoh lain dari kemampuan VBA dalam menghandle Excel. Kode yang akan Paman bagikan kali ini sangat berguna, terutama jika kamu ingin perlindungan yang ketat terhadap file Excel kamu. Apalagi jika dikombinasikan dengan protect sheet (klik kanan pada sheet, pilih protect sheet dan masukkan password), workbook kamu akan terlindungi keamanannya dari orang yang mencoba mengubah struktur data kamu. Berikut kode yang dimaksud:


Sub HideTabs()
ActiveWindow.DisplayWorkbookTabs = False
End Sub


Kode yang digunakan sangat simpel, dan efek terhadap worksheet kamu akan seperti di bawah ini:


Seluruh tab sheet yang ada dalam workbook kamu akan disembunyikan. Untuk mengembalikannya, kamu hanya perlu mengganti nilai "False" pada kode di atas dengan "True". Namun karena Paman ingin membuat kode ini siap digunakan kapan pun dibutuhkan, Paman membuatkan satu macro lagi:

Sub ShowTabs()
ActiveWindow.DisplayWorkbookTabs = True
End Sub


Sekarang kamu bebas mengatur kapan kamu ingin menyembunyikan sheet dalam file kamu atau menampilkannya. Semoga bermanfaat!

Jangan Sampai Kamu Lewatkan Ini

0 comments

Sekilas Paman Excel

Blog ini berisi kumpulan tips, trik, dan teknik dalam menggunakan MS Excel mulai dari yang paling sederhana hingga yang (tampaknya) rumit dengan cara semudah dan senyaman mungkin untuk dipahami.